nurdindheka.banner

Ikut meningkatkan pendidikan melalui Facebook

berbagi ilmu lewat twitter

tweet di Blog

Proklamasi 17 Agustus

mulai klik info disini

Sabtu, 03 Agustus 2013

Widgets

Kunci Sukses Menghadapi Ujian Nasional



KUNCI SUKSES HADAPI UJIAN NASIONAL


     Dengan semakin dekatnya UN 2014 dan naiknya standar kelulusan tersebut, maka diperlukan kiat yang efektif dan efisien. Efektif, dalam arti kiat-kiat ini bila dipraktikkan akan dapat memberi efek positif bagi kemajuan hasil belajar siswa. Sedangkan efisien dalam arti waktu yang masih ada dapat dimanfaatkan secara maksimal.

     Adapun kiat-kiat praktis yang coba saya tawarkan untuk meraih kesuksesan dalam menghadapi UN 201
4 antara lain :
Maksimalkan belajar
Ya, belajar, belajar, dan terus belajar. Itulah yang harus dilakukan. Belajar ekstra keras dan disiplin yang terus menerus harus dilakukan. Belajar bisa dengan belajar mandiri, kelompok, privat, les atau bimbingan belajar. Mumpung masih ada waktu, maka  para pelajar harus belajar lebih baik dari sebelumnya. Ingatlah tidak ada yang sulit jika mau belajar dan berlatih terus menerus.
Membuat peta kemampuan diri
Standar  Kelulusan  (SKL) adalah  cermin  UN. Maka  cobalah  bercermin dengan SKL pada setiap mata pelajaran yang  diujikan. Bercerminlah secara jujur, dengan begitu kemampuan dan kekurangan akan mudah diketahui. Setelah bercermin pada SKL  inilah, saatnya sekarang  membuat peta kemampuan  dari setiap mata pelajaran. Dengan peta kemampuan  diri, akan mudah  melangkah dan  memacu  kemampuan diri.

Positive thinking dan positive feeling
Dengan  kondisi tersebut, akan mudah  mendapatkan hasil dari apa yang paling sering dipikirkan dan dirasakan. Itulah inti dari pikiran dan perasaan positif. Artinya, apa yang dipikirkan dan dirasakan saat ini, dengan UN sangat menentukan hasilnya nanti. Bila Anda berpikir dan merasa positif saat ini, maka hasil UN nantinya juga positif. Begitu pula sebaliknya.
Dahulukan soal-soal yang mudah
Salah satu  cara praktis  ketika sedang  menghadapi soal UN, setelah  berdoa tentunya, adalah  mencermati soal dengan  seksama. Fahami maksud  soal dengan baik, dan jangan sampai salah  memahami maksud soal. Segera tandai soal-soal yang diyakini mudah dan pasti benar bila dikerjakan. Sekali lagi, kerjakan soal yang benar-benar mampu diselesaikan dengan benar. Ingatlah, jangan terjebak dengan mengerjakan soal selalu menurut urut nomor soal.

Hati-hati dengan Lembar Jawaban Komputer (LJK)
Cara menyikapi hati-hati LJK dapat dilakukan dengan cara diantaranya, menyiapkan dan membawa alat tulis milik pribadi yang 'legal' untuk LJK, hindari kesalahan mengisi data pribadi dan jawaban di LJK pada kolom yang telah ditentukan. Kemudian, bila terjadi kesalahan ganti dengan hati-hati sesuai petunjuk. Setelah itu, hati-hatilah saat menebalkan atau menghitamkan pilihan jawaban, dan yakinkan setiap jawaban terbaca oleh komputer.
Bila telah selesai, periksa kembali LJK tersebut dan cocokkan data pribadi dengan kartu peserta ujian. Kemudian teliti kembali jawaban sebelum mengumpulkannya kepada pengawas. Kemampuan menjawab benar harus disertai dengan pengisian LJK yang benar pula.

Perbanyaklah  berdoa kepada Allah SWT
 ''Berdoalah kepada-Ku, niscaya Aku kabulkan permohonanmu'. Demikian Allah berfirman dalam  QS Al-Baqarah: 186, "Manusia hanya bisa merencanakan, Tuhan lah yang menentukan hasilnya. Manusia tidak berdaya tanpa pertolongan-Nya". Itulah kata-kata yang menunjukkan bahwa doa itu dahsyat, doa itu luar biasa.
Yang  tak  kalah  pentingnya  adalah  mendekatkan diri kepada  Allah SWT  baik sebelum, ketika  dan  sesudah UN. Memperbanyak  doa  dapat  dilakukan dengan cara-cara  seperti, berdoa  secara  pribadi, yaitu  memperbanyak doa kepada  Allah sesudah shalat wajib, dan  lebih utama lagi  bila dikerjakan setelah shalat  sunnah tahajud malam hari. Mintalah  orang tua  mendoakan secara khusus  serta perbaikilah perilaku dan pergaulan.

    
Dengan melakukan hal-hal tersebut, otomatis akan banyak orang yang memberikan doa restu. Libatkan Allah SWT dalam persiapan meraih sukses UN 2014. Kanea  kesuksesan dalam UN ditentukan oleh kerja keras ditambah dengan strategi belajar yang tepat serta ketekunan berdoa  kepada Allah SWT.  

Selamat mencoba, semoga kesuksesan dalam pelaksanaan UN menjadi milik Anda.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Beri Komentar

dapatkan info terbaru disini


Buku Tamu media pesan