nurdindheka.banner

Ikut meningkatkan pendidikan melalui Facebook

berbagi ilmu lewat twitter

tweet di Blog

Proklamasi 17 Agustus

mulai klik info disini

Sabtu, 03 Agustus 2013

Widgets

Kenali Gaya Belajarmu

Kenali Gaya Belajarmu

Secara umum gaya belajar merupakan kombinasi dari 3 faktor. Bagaimana menyerap informasi dengan mudah apakah anda seorang pelajar visual, auditorial atau kinestetis. Apakah anda belajar paling efektif dengan melihat,mendengar,bergerak atau menyentuh.

Bagaimana anda mengatur dan memproses informasi.apakah didominasi oleh otak kanan atau otak kiri,analisis atau global. Beberapa gaya belajar yang perlu diketahui ada 3 ,yakni :
  1. Gaya belajar visual : Gaya belajar ini menggambarkan bahwa hasil belajar akan optimal diperoleh dengan gaya melihat. Dengan ketejaman indera mata,seseorang akan lebih mudah menerima pelajaran. Lebih suka membaca, dengan warna-warna, dengan gambar-pendek kata apa yang dilihat akan mudah dicerna. 
  2. Gaya belajar Auditorial : Hasil belajar akan mudah diperoleh melalui cara mendengarkan guru menjelaskan atau dengan cara mendengarkan orang yang berdiskusi sangat berarti bagi orang yang dengan gaya belajar seperti ini. 
  3. Gaya belajar kinestetik : Hasil belajar akan optimal melalui gerakan dan perasaan. Belajar sambil menulis atau sambil mencoret-coret kertas, ciri gaya belajar ini selalu diikuti gerakan fisik, bisa sambil berjalan-jalan untuk mengingat sesuatu, mendekati kawan belajarnya.
Dengan gaya belajar yang sudah dapat terindentifikasi,maka diharapkan perolehan hasil belajar akan semakin meningkat sehingga penguasaan berbagai mata pelajaran dirasakan dengan mudah. Jika sudah demikian maka arah cita-cita untuk melanjutkan kejenjang yang lebih tinggi ataupun perencanaan karir akan semakin mudah.

< nurdin kusuma >

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Beri Komentar

dapatkan info terbaru disini


Buku Tamu media pesan