nurdindheka.banner

Ikut meningkatkan pendidikan melalui Facebook

berbagi ilmu lewat twitter

tweet di Blog

Proklamasi 17 Agustus

mulai klik info disini

Minggu, 04 Agustus 2013

Widgets

Bumi semakin tua

Bumi salah satu planet pada galaksi Bimasakti, urutan planet ke-3 yang memiliki karakter kehidupan. Hanya di bumi, sebagai tempat tinggal makhluk hidup dalam habitat rantai ekosistem yang teratur. Dimana terdiri atas komponen Biotik dan Abiotik. Kedua komponen ini, harusnya saling berinteraksi untuk mewujudkan lingkungan yang berkelanjutan. Namun, apa yang terjadi jika salah satu komponennya menyimpang? Dan apa yang terjadi serta dampaknya bagi komponen yang lain?

Sangat mengerikan.. itu yang akan terungkap jika kita mengetahui dampak yang di timbulkannya. kita sebagai salah satu komponen biotik, harusnya merasa bersalah apabila habitat kita rusak. Karena jika itu terjadi, dampaknya akan terlihat walaupun kenyataannya hanya dampak kecil-kecil saja. Sebagai contoh, seseorang yang menebang pohon tanpa menghiraukan sistem tebang pilih yang sudah ditetapkan maka yang terjadi pada musim kemarau akan mengalami kekeringan yang begitu dahsyatnya karena tidak adanya pepohonan besar sebagai pelindung dan sistem sirkulasi alami (jantung bumi). dan itu akan lebih parah jika datangnya musim penghujan, maka akan adanya banjir air bah yang begitu besar. Dengan kata lain, ekosistem akan terganggu. Dan siapa yang akan mengalami dampak baliknya? jelas manusia itu sendiri. 

Namun, sekali lagi itu merupakan contoh suatu fenomena alam. Akan tetapi jika salah satu contoh itu tidak dicegah, maka akan menjadi kenyataan yang begitu mengerikan. 

Kita juga  harus mengetahui, bahwa dalam Geografi , bumi merupakan obyek kajian yang mana sangat rentan punahnya. Contoh diatas akan berpengaruh sekali pada keadaan bumi yang nantinya membuat bumi ini rusak. semakin lama waktu maka semakin tua, jika kita tidak segara memperdulikan meawat dan menjaga kualitas lingkungan yang ada di bumi. jika di ibaratkan seperti memberi perawatan pada wajah, jika tidak dirawat dengan baik maka wajah itupun semakin lama akan cepat terlihat tua, begitu juga sebaliknya.

Maka, sebagai generasi muda yang tangguh dan cinta tanah air, rawatlah bumi ini seperti kita merawat diri kita sendiri. Jangan biarkan ada yang merusak walaupun itu sekecil debu pun. 

<nurdindheka>

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Beri Komentar

dapatkan info terbaru disini


Buku Tamu media pesan