nurdindheka.banner

Ikut meningkatkan pendidikan melalui Facebook

berbagi ilmu lewat twitter

tweet di Blog

Proklamasi 17 Agustus

mulai klik info disini

Selasa, 27 Agustus 2013

modul antroposfer SMA kelas 11 IPS 2013

modul antroposfer SMA kelas 11 IPS 2013

Antroposfer adalah lapisan manusia yang merupakan tema sentral di antara sfera-ftera. Karena kajian geografi merupakan tema sentral, maka kajian geografis sering disebut antroposentris. Pengertian yang diperkenalkan oleh Eratosthenes, geografi merupakan ilmu yang mendeskripsikan manusia denganlingkungan alam di wilayah-wilayah tertentu berdasarkan data dan informasi yang diperoleh.
Pengkajian geografi berkaitan dengan aspek alam tentang tempat terjadinya gejala dan aspek manusia penghuni alam tersebut. Karl Ritter menyatakan bahwa geografi mempelajari bumi sebagai tempat tinggal manusia. Pengertian tersebut sudah termasuk aktivitas manusia untuk mempertahankan hidupnya, juga dianalisis penyebarannya, perkembangan, hubungan dan interaksinya secara keruangan.

Senin, 19 Agustus 2013

peristiwa rengasdengklok



Peristiwa Rengasdengklok

Rengasdengklok adalah sebuah kecamatan di Kabupaten Karawang, Provinsi Jawa Barat, Indonesia. Rengasdengklok pernah menjadi tempat "penculikan" dimana Soekarno dan MohammadHatta dibawa dan diamankan ke Rengasdengklok oleh golongan muda Chairul Saleh yang menginginkan agar proklamasi dilakukan secepatnya tanpa melalui PPKI yang dianggap sebagai badan buatan Jepang.

Peristiwa Rengasdengklok adalah peristiwa dimulai dari "penculikan" yang dilakukan oleh sejumlah pemuda (a.l.) Soekarni, Wikana dan Chaerul Saleh dari perkumpulan "Menteng 31" terhadap Soekarno dan Hatta. Sebelumnya golongan pemuda telah mengadakan suatu perundingan di salah satu lembaga bakteriologi di Pegangsaan Timur Jakarta, pada tanggal 15 Agustus. Dalam pertemuan ini diputuskan agar pelaksanaan kemerdekaan dilepaskan segala ikatan dan hubungan dengan janji kemerdekaan dari Jepang. Hasil keputusan disampaikan kepada Ir. Soekarno pada malam harinya tetapi ditolak oleh Soekarno karena merasa bertanggung jawab sebagai ketua PPKI.
Peristiwa ini terjadi pada tanggal 16 Agustus 1945 pukul 03.00. WIB, Soekarno dan Hatta dibawa ke Rengasdengklok, Karawang, Rengasdengklok karena berada jauh dari jalan raya utama Jakarta-Cirebon dan di sana dapat dengan mudah mengawasi tentara Jepang yang hendak datang ke

Jumat, 09 Agustus 2013

gempa bumi



Gempa Bumi
            Indonesia adalah salah satu negara yang seringkali mengalami fenomena Geosfer. Salah satunya terjadinya gejala Seismik (gempa bumi) di berbagai daerah.
Seismik atau lebih kita kenal dengan gempa bumi adalah gejala fenomena geosfer yang terkait dengan getaran atau guncangan yang terjadi di permukaan bumi. Frekuensi gepa bumi yang terjadi di suatu wilayah, mengacu pada jenis dan ukuran gempa Bumi selama periode waktu. Dalam mendeteksi besarnya dan tingkat kekuatan gempa bumi yang terjadi, dapat diukur dengan menggunakan alat seismograf.
Berdasarkan penyebabnya, secara umum gejala Seismik ini dapat terbagi atas ;
1.    Gempa Tektonik
Gejala Seismik yang disebabkan pergeseran lempeng tektonik di benua maupun di samudera. Pergeseran lempeng ini memiliki graduasi kekuatan mulai dari sangat kecil sampai sangat besar yang mampu meluluhlantahkan apasaja yang ada di permukaan dan dalam bumi.
2.    Gempa Vulkanik
Gejala Seismik yang disebabkan adanya aktivitas magma yang di dalam bumi pada saat gunung pra maupun pasca meletus. Aktivitas magma ini dikarenakan gerak sirkulasi magma yang terus menerus didalam bumi sehingga mampu menggoncang lempeng bumi. Jika aktivitas magma yang lebih besar saat magma di dalam gunung mulai menerobos celah-celah lempeng maupun keluar melalui kepundan gunung dengan daya tekanan yang kuat. Sehingga, selain gunung meletus secara bersamaan juga akan terjadi gonjangan lempeng bumi yang besar.
3.    Gempa Runtuhan
Gejala Seismik yang disebabkan adanya runtuhan batu-batuan atau massa lempeng bumi runtuh / jatuh. Biasanya fenomena Seismik ini terjadi di daerah karts (kapur) dan di daerah yang memiliki rongga gua yang besar / pertambangan.
          Selain faktor umum penyebab Seismik diatas, adanya faktor lain yang mampu mengakibatkan terjadinya gempa bumi. Faktor manusia juga berpengaruh mengakibatkan gejala gempa bumi seperti peledakan dinamit, nuklir atau palu yang dipukulkan ke permukaan bumi.
          Berdasarkan kedalaman titik pusat terjadinya gempa bumi, dapat dibedakan :
1.    Gempa bumi dangkal
Titik pusat (Hiposentrum) gempa bumi yang kurang dari 60 km di bawah permukaan bumi.
2.    Gempa bumi menengah
Titik pusat (Hiposentrum) gempa bumi lebih antara 60 km – 300 km di bawah permukaan bumi.
3.    Gempa bumi dalam
Titik pusat (Hiposentrum) gempa bumi lebih dari 300 km di bawah permukaan bumi.
          Dilihat dari titik pusat terjadinya gempa tersebut, dapat kita ketahui seberapa besar kemungkinan akibat kerusakan yang ditimbulkan. Biasanya akibat kerusakan terparah jika gempa tersebut memiliki kedalaman yang dangkal dengan kekuatan tekanan yang besar.
          Selain itu, gejala Seismik (gempa bumi) ini dapat dibedakan berdasarkan gelombang/getaran gempa :
1.    Gelombang Longitudinal (Primer)
gelombang atau getaran yang merambat di tubuh bumi dengan kecepatan antara 7-14 km/detik.
2.    Gelombang Transversal (Sekunder)
gelombang atau getaran yang merambat, seperti gelombang primer dengan kecepatan yang sudah berkurang,yakni 4-7 km/detik.

Senin, 05 Agustus 2013

Fungsi kurikulum dalam Pendidikan




Pendidikan nasional, salah satu sektor pembangunan nasional dalam upaya mencerdaskan kehidupan bangsa, mempunyai visi terwujudnya sistem pendidikan sebagai pranata sosial yang kuat dan berwibawa untuk memberdayakan semua warga negara Indonesia berkembang menjadi manusia yang berkualitas sehingga mampu dan proaktif menjawab tantangan zaman yang selalu berubah.
Dari sekian banyak unsur sumber daya pendidikan, kurikulum merupakan salah satu unsur yang bisa memberikan kontribusi yang signifikan untuk mewujudkan proses berkembangnya kualitas potensi peserta didik. Jadi tidak dapat disangkal lagi bahwa kurikulum, yang dikembangkan dengan berbasis pada kompetensi sangat diperlukan sebagai instrumen untuk mengarahkan peserta didik menjadi:
(1) manusia berkualitas yang mampu dan proaktif menjawab tantangan zaman yang selalu berubah.
(2) manusia terdidik yang beriman dan bertakwa kepada Tuhan Yang Maha Esa, berakhlak mulia, sehat, berilmu, cakap, kreatif, mandiri.
(3) warga negara yang demokratis dan bertanggung jawab.

Pengembangan dan pelaksanaan kurikulum berbasis kompetensi merupakan salah satu strategi pembangunan pendidikan nasional sebagaimana yang diamanatkan dalam Undang-Undang Nomor 20 Tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional.

Minggu, 04 Agustus 2013

NOAH feat. Ahmad Dhani - Sahabat / nurdindheka

Sungguh menakjubkan pada Master Piece di RCTI, kolaborasi Ahmad Dhani dan NOAH membawakan lagu NOAH berjudul 'Sahabat',

"NOAH menjadi salah satu band setelah Dewa 19 yang saya suka. Kehadirannya di industri musik, saya mengenal mereka saat mengeluarkan single Sahabat," ujar

NOAH menyanyikan lagu 'Kirana" Dewa 19 ?


Di lagu kedua pada acara Master Piece 30 Juli 2013, Studio RCTI, Ariel bersama personil NOAH membawakan lagu dari masterpiece Ahmad Dhani, yakni lagu Dewa 19 berjudul 'Kirana'.

Dan lagi-lagi, pentolan grup band Dewa tersebut mengakui bahwa lagu 'Kirana 'yang dibawakan versi NOAH menjadi luar biasa.

"Luar biasa, lagu Kirana jadi hebat sekali saat dibawakan Ariel dan kawan-kawan," pungkas Dhani.


download mp3 lagu Noah feat. Ahmad Dhani - Kirana (Dewa 19)
 MP3 Format Sound
Length : 00.04.17
Size : 3.92 Mb

Bumi semakin tua

Bumi salah satu planet pada galaksi Bimasakti, urutan planet ke-3 yang memiliki karakter kehidupan. Hanya di bumi, sebagai tempat tinggal makhluk hidup dalam habitat rantai ekosistem yang teratur. Dimana terdiri atas komponen Biotik dan Abiotik. Kedua komponen ini, harusnya saling berinteraksi untuk mewujudkan lingkungan yang berkelanjutan. Namun, apa yang terjadi jika salah satu komponennya menyimpang? Dan apa yang terjadi serta dampaknya bagi komponen yang lain?

Sangat mengerikan.. itu yang akan terungkap jika kita mengetahui dampak yang di timbulkannya. kita sebagai salah satu komponen biotik, harusnya merasa bersalah apabila habitat kita rusak. Karena jika itu terjadi, dampaknya akan terlihat walaupun kenyataannya hanya dampak kecil-kecil saja. Sebagai contoh, seseorang yang menebang pohon tanpa menghiraukan sistem tebang pilih yang sudah ditetapkan maka yang terjadi pada musim kemarau akan mengalami kekeringan yang begitu dahsyatnya karena tidak adanya pepohonan besar sebagai pelindung dan sistem sirkulasi alami (jantung bumi). dan itu akan lebih parah jika datangnya musim penghujan, maka akan adanya banjir air bah yang begitu besar. Dengan kata lain, ekosistem akan terganggu. Dan siapa yang akan mengalami dampak baliknya? jelas manusia itu sendiri. 

Namun, sekali lagi itu merupakan contoh suatu fenomena alam. Akan tetapi jika salah satu contoh itu tidak dicegah, maka akan menjadi kenyataan yang begitu mengerikan. 

Kita juga  harus mengetahui, bahwa dalam Geografi , bumi merupakan obyek kajian yang mana sangat rentan punahnya. Contoh diatas akan berpengaruh sekali pada keadaan bumi yang nantinya membuat bumi ini rusak. semakin lama waktu maka semakin tua, jika kita tidak segara memperdulikan meawat dan menjaga kualitas lingkungan yang ada di bumi. jika di ibaratkan seperti memberi perawatan pada wajah, jika tidak dirawat dengan baik maka wajah itupun semakin lama akan cepat terlihat tua, begitu juga sebaliknya.

Maka, sebagai generasi muda yang tangguh dan cinta tanah air, rawatlah bumi ini seperti kita merawat diri kita sendiri. Jangan biarkan ada yang merusak walaupun itu sekecil debu pun. 

<nurdindheka>

Sabtu, 03 Agustus 2013

Fatin Shidqia Lubis : Lagu terbaru di Tahun ini ?

Fatin Shidqia Lubis
 
Siapa yang tidak mengenal seorang wanita muda bertalenta di dunia musik dengan dianugerahi suara yang khas ?

ya, benar sekali. Fatin Shidqia Lubis.

pemenang X-Factor Indonesia ini mampu menghipnotis semua orang karena suaranya. Penyanyi ini juga memiliki one this song sebagai pemenang . lagu tersebut adalah

Kunci Sukses Menghadapi Ujian Nasional



KUNCI SUKSES HADAPI UJIAN NASIONAL


     Dengan semakin dekatnya UN 2014 dan naiknya standar kelulusan tersebut, maka diperlukan kiat yang efektif dan efisien. Efektif, dalam arti kiat-kiat ini bila dipraktikkan akan dapat memberi efek positif bagi kemajuan hasil belajar siswa. Sedangkan efisien dalam arti waktu yang masih ada dapat dimanfaatkan secara maksimal.

     Adapun kiat-kiat praktis yang coba saya tawarkan untuk meraih kesuksesan dalam menghadapi UN 201
4 antara lain :
Maksimalkan belajar
Ya, belajar, belajar, dan terus belajar. Itulah yang harus dilakukan. Belajar ekstra keras dan disiplin yang terus menerus harus dilakukan. Belajar bisa dengan belajar mandiri, kelompok, privat, les atau bimbingan belajar. Mumpung masih ada waktu, maka  para pelajar harus belajar lebih baik dari sebelumnya. Ingatlah tidak ada yang sulit jika mau belajar dan berlatih terus menerus.
Membuat peta kemampuan diri
Standar  Kelulusan  (SKL) adalah  cermin  UN. Maka  cobalah  bercermin dengan SKL pada setiap mata pelajaran yang  diujikan. Bercerminlah secara jujur, dengan begitu kemampuan dan kekurangan akan mudah diketahui. Setelah bercermin pada SKL  inilah, saatnya sekarang  membuat peta kemampuan  dari setiap mata pelajaran. Dengan peta kemampuan  diri, akan mudah  melangkah dan  memacu  kemampuan diri.

Positive thinking dan positive feeling
Dengan  kondisi tersebut, akan mudah  mendapatkan hasil dari apa yang paling sering dipikirkan dan dirasakan. Itulah inti dari pikiran dan perasaan positif. Artinya, apa yang dipikirkan dan dirasakan saat ini, dengan UN sangat menentukan hasilnya nanti. Bila Anda berpikir dan merasa positif saat ini, maka hasil UN nantinya juga positif. Begitu pula sebaliknya.

Hidup adalah Pilihan



HIDUP ADALAH PILIHAN
 
Ada 2 buah bibit tanaman yang terhampar di sebuah ladang yang subur.  
Bibit yang pertama berkata, "Aku ingin tumbuh besar. Aku ingin menjejakkan akarku dalam-dalam di tanah ini, dan menjulangkan tunas-tunasku di atas kerasnya tanah ini. Aku ingin membentangkan semua tunasku, untuk menyampaikan salam musim semi. Aku ingin merasakan kehangatan matahari, dan kelembutan embun pagi di pucuk-pucuk daunku."  

Dan bibit itu tumbuh, makin menjulang. Bibit yang kedua bergumam. "Aku takut. Jika kutanamkan akarku ke dalam tanah ini, aku tak tahu, apa yang akan kutemui di bawah sana. Bukankah disana sangat gelap? Dan jika kuteroboskan tunasku keatas, bukankah nanti keindahan tunas-tunasku akan hilang? Tunasku ini pasti akan terkoyak. Apa yang akan terjadi jika tunasku terbuka, dan siput-siput mencoba untuk memakannya? Dan pasti, jika aku tumbuh dan merekah, semua anak kecil akan berusaha untuk mencabutku dari tanah. Tidak, akan lebih baik jika aku menunggu sampai semuanya aman." Dan bibit itupun menunggu, dalam kesendirian.

Kenali Gaya Belajarmu

Kenali Gaya Belajarmu

Secara umum gaya belajar merupakan kombinasi dari 3 faktor. Bagaimana menyerap informasi dengan mudah apakah anda seorang pelajar visual, auditorial atau kinestetis. Apakah anda belajar paling efektif dengan melihat,mendengar,bergerak atau menyentuh.

Bagaimana anda mengatur dan memproses informasi.apakah didominasi oleh otak kanan atau otak kiri,analisis atau global. Beberapa gaya belajar yang perlu diketahui ada 3 ,yakni :
  1. Gaya belajar visual : Gaya belajar ini menggambarkan bahwa hasil belajar akan optimal diperoleh dengan gaya melihat. Dengan ketejaman indera mata,seseorang akan lebih mudah menerima pelajaran. Lebih suka membaca, dengan warna-warna, dengan gambar-pendek kata apa yang dilihat akan mudah dicerna. 

Tips mendapatkan nilai terbaik di kelas

Dalam dunia pendidikan, Ilmu pengetahuan sangatlah penting. 
Mengapa?
karena jika kita tidak ingin salah arah, tidak ingin terjerumus dalam lubang hitam kehidupan, dan tidak ingin dibodohi oleh orang - orang yang bodoh maka, jadilah kita orang pandai.

dalam Al Qur'an telah dijelaskan bahwa manusia haruslah belajar .
Surat Al-a’alq ayat 1-5:
اقْرَØ£ْ بِاسْÙ…ِ رَبِّÙƒَ الَّØ°ِÙŠ Ø®َÙ„َÙ‚َ {1} Ø®َÙ„َÙ‚َ الإِنسَانَ Ù…ِÙ†ْ عَÙ„َÙ‚ٍ {2} اقْرَØ£ْ ÙˆَرَبُّÙƒَ اْلأَÙƒْرَÙ…ُ {3} الَّØ°ِÙŠ عَÙ„َّÙ…َ ابِالْÙ‚َÙ„َÙ…ِ {4} عَÙ„َّÙ…َ اْلإِنسَانَ Ù…َالَÙ…ْ ÙŠَعْÙ„َÙ…ْ {5}
Artinya :”Bacalah dengan (menyebut) nama tuhanmu yang menciptakan, Dia telah menciptakan manusia dari segumpal darah, Bacalah, dan tuhanmu lah yang paling pemurah, yang mengajar (manusia) dengan perantaran kalam.Dia mengajar kepada manusia apa yang tidak diketahui.
dari ayat itu dapat menjadikan dasar bahwa dengan ilmu kita akan mampu mengetahui apa saja yang belum kita ketahui dengan belajar (ilmu pengetahuan). karena, dengan ilmu pengetahuan dapat menggenggam dunia dan mengatur kehidupan kita didunia. bukan lagi sebagai budaknya dunia. Hidup ini sedikit waktunya, apalagi jika kita menyia-nyiakan waktu kita didunia tanpa memiliki pegangan ilmu yang luas. sungguh akan tiba kebodohan dan kesengsaraan.
apakah mau jadi salah satu orang sukses di dunia?
tentu, maka banyak sekali metodenya. Namun perlu diingat, janganb sampai salah arah meraih kesuksesan tersebut.
Sebagai siswa yang masa mudanya masih cukup panjang, sukses yang dicari adalah mendapatkan ilmu pengetahuan sebanyak-banyaknya dan hasil finish-nya adalah nilai terbaik di kelas bahkan mungkin di sekolah. Bagaimana caranya? 

Jumat, 02 Agustus 2013

Situs Gunung Padang peninggalan Megalithikum lebih dari 13.000 tahun

Penemuan Situs berusia lebih dari 13.000 tahun, mengejutkan !!

Peradaban di Situs Gunung Padang lebih tua dari peradaban Mesopotamia dan Pyramid Giza di Mesir, yang selama ini dipercaya sebagai peradaban tertua di dunia.


Detailnya Peta Dunia

Peta dunia



Peta dunia tahun 2004. Peta dunia adalah peta permukaan Bumi yang dapat dibuat menggunakan berbagai proyeksi peta. Peta Dunia dapat berupa peta politik maupun fisik. Tujuan utama peta politik adalah menunjukan batas teritorial; tujuan peta fisik adalah ntuk menampilkan fitur geografi seperti pegunungan, jenis tanah atau penggunaan tanah.


Kamis, 01 Agustus 2013

Modul Presentasi kelas XI IPS : Bab Biosfer



Modul Presentasi kelas XI IPS : Bab Biosfer

Pada tingkat Sekolah Menengah Atas, dapat ditemukan bab I tentang Biosfer. Bab tersebut meupakan salah satu materi yang harus dipahami oleh siswa karena, merujuk pada pengenalan manusia terhadap Jenis-jenis Flora Fauna, Persebarannya, dan pelestariannya bagi pembanguna berkelanjutan.

Sehingga, diharapkan siswa mampu memiliki pandangan kelingkungan yang lebih besar yang nantinya dapat menunjang kelestarian hayati yang begitu penting dalam kehidupan yang kompleksitas dan heterogen.

Untuk lebih memahami materi tersebut, maka dibawah ini terdapat

MODUL MATERI GEOGRAFI SMA KELAS X IPS - Geografi 1 (definisi Geografi)


MODUL MATERI GEOGRAFI SMA KELAS X IPS - Geografi 1 (definisi Geografi)

Pendidikan sangatlah penting bagi seseorang dalam mencapai cita-citanya sebagai manusia yang cerdas. Namun dalam mencapai tujuan tersebut, seorang siswa juga harus mampu memahami materi yang diajarkan. 

Sehingga, dengan pemahaman materi tersebut, siswa dapat mengerti secara detail definisi, konsep-konsep, an tujuan materi dalam kerangka Kompetensi Dasar yang jelas.

Bagi peserta didik kelas X SMA/MA, dalam mempelajari Geografi pada bab pertama yaitu definisi konsep Geografi. Bab ini secaa garis besar memberikan penjelasan tentang awal perkembangan Geografi, pengertian-pengertian Geografi dari berbagai ahli, kemudian konsep Geografi dalam menjawab pemasalahan fenomena geosfer pada lingkungan sekitar.

maka dibawah ini, modul tentang konsep materi Geografi pada pertemuan 2x 45 menit.

silahkan download modulnya

Beri Komentar

dapatkan info terbaru disini


Buku Tamu media pesan